Dalil-dalil dari Al Qur’an dan As Sunnah menunjukkan bahwa
dosa terbagi menjadi dosa besar (al-kab`air) dan dosa kecil (ash-shagha`ir).
Sebagaimana dalam firman Allah Ta’ala :
وَالَّذِينَ
يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُوا
هُمْ يَغْفِرُونَ
“Dan (bagi) orang-orang yang
menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah
mereka memberi maaf” (QS. Asy-Syura: 37).
Allah Ta’ala juga berfirman:
إِنْ تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ
نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُمْ مُدْخَلًا كَرِيمًا
“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar
di antara dosa-dosa besar yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus
kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat
yang mulia (surga)” (QS. An-Nisa`: 31).
Allah Ta’ala juga berfirman:
الَّذِينَ
يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ إِلَّا اللَّمَمَ إِنَّ
رَبَّكَ وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِ
“(Yaitu) orang-orang yang menjauhi
dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil.
Sesungguhnya Tuhanmu maha luas ampunan-Nya” (QS. An-Najm: 32).
Juga dalil-dalil As-Sunnah, menunjukkan adanya pembagian
dosa besar dan dosa kecil. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
الصَّلاةُ
الخمسُ والجمعةُ إلى الجمعةِ كفَّارةٌ
لما بينَهنَّ ما لم تُغشَ
الْكبائرُ
“Shalat lima waktu dan shalat Jum’at
ke shalat Jum’at selanjutnya, menghapuskan dosa-dosa di antara keduanya, selama
tidak melakukan dosa besar” (HR. Muslim no. 233).
Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
اجتنبوا
السبعَ الموبقاتِ . قالوا : يا رسولَ
اللهِ ، وما هن
؟ قال : الشركُ
باللهِ ، والسحرُ ،
وقتلُ النفسِ التي حرّم
اللهُ إلا بالحقِّ ،
وأكلُ الربا ، وأكلُ
مالِ اليتيمِ ، والتولي
يومَ الزحفِ ، وقذفُ
المحصناتِ المؤمناتِ الغافلاتِ
“Jauhilah tujuh dosa yang
membinasakan. Para sahabat bertanya: wahai Rasulullah, apa saja itu? Rasulullah
menjawab, ‘syirik terhadap Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh
Allah kecuali dengan hak, makan riba, makan harta anak yatim, kabur ketika
peperangan, menuduh wanita baik-baik berzina’” (HR. Bukhari no. 2766, Muslim
no. 89).
Abdullah bin Umar radhiallahu’anhuma mengatakan:
الكَبائرُ
تِسْعٌ: الإشراكُ باللهِ، وقَتْلُ نَسَمَةٍ،
والفِرارُ مِنَ الزَّحفِ، وقَذْفُ
المُحْصَنةِ، وأكْلُ الرِّبا، وأكْلُ
مالِ اليتيمِ، وإلحادٌ في المسجدِ،
والَّذي يَستَسخِرُ، وبُكاءُ الوالدينِ مِنَ
العُقوقِ
“Ada 9 dosa besar: syirik kepada
Allah, membunuh jiwa, kabur dari perang, menuduh wanita baik-baik berzina,
makan riba, memakan harta anak yatim, melakukan penyimpangan di masjid, tidak
membayar upah pekerja, membuat orang tua menangis karena perbuatan durhaka”
(HR. Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad 12/15, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih
Adabul Mufrad no.6).
Dan dalil-dalil lainnya yang menunjukkan adanya dosa besar,
maka mafhum-nya dosa-dosa selain dosa besar maka termasuk dosa kecil.
Kaidah Dalam Membedakan Dosa Besar Dan Dosa Kecil
Para ulama banyak menyebutkan dhawabith (kaidah) dalam
membedakan dosa besar dengan dosa kecil. Diantara dhawabith dosa besar dan dosa
kecil yang disebutkan para ulama adalah:
1. Dosa besar adalah yang disebutkan sebagai dosa besar oleh
Allah dan Rasul-Nya
Semua dosa yang disebutkan secara tegas oleh Allah dan
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sebagai dosa besar atau perbuatan yang
membinasakan maka ini adalah dosa besar. Juga yang disepakati oleh para ulama
sebagai dosa besar. Al-Qurthubi mengatakan:
كُلّ ذَنْب أُطْلِقَ عَلَيْهِ
بِنَصِّ كِتَاب أَوْ سُنَّة
أَوْ إِجْمَاع أَنَّهُ كَبِيرَة أَوْ
عَظِيم
“Dosa besar adalah dosa yang
dimutlakkan oleh nash Al-Qur`an dan As-Sunnah atau ijma’ sebagai dosa besar”
(Fathul Baari, 15/709).
Maka setiap dosa yang disebutkan oleh Allah atau oleh Nabi
Shallallahu’alaihi Wasallam sebagai dosa besar, maka itu dosa besar.
Sebagaimana dalam beberapa hadits di atas, disebutkan beberapa dosa besar di
antaranya syirik, sihir, membunuh, makan riba, makan harta anak yatim, kabur
ketika peperangan, menuduh wanita baik-baik berzina, membuat orang tua
menangis, dan lainnya.
2. Dosa besar adalah setiap dosa yang diancam neraka, atau
kemurkaan, atau laknat atau adzab
Dosa besar adalah dosa yang pelakunya diancam dengan adzab
neraka, kemurkaan Allah atau laknat, serta pelakunya disifati dengan kefasikan.
Sebagaimana perkataan Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma ketika menafsirkan surat
An-Nisa`: 31 di atas, beliau berkata:
الكبيرة
كل ذنب ختمه الله
بنار، أو غضب، أو
لعنة، أو عذاب
“Dosa besar adalah yang Allah tutup
dengan ancaman neraka, atau kemurkaan, atau laknat atau adzab” (Tafsir Ibnu
Katsir, 2/282).
Al-Hasan Al-Bashri mengatakan:
كُلّ ذَنْب نَسَبَهُ اللَّه
تَعَالَى إِلَى النَّار فَهُوَ
كَبِيرَة
“Setiap dosa yang Allah gandengkan
dengan neraka maka itu adalah dosa besar” (Tafsir Ibnu Katsir, 2/285).
3. Dosa besar adalah yang terdapat hukuman khusus
Termasuk dosa besar, perbuatan yang dilarang oleh syariat
dan digandengkan dengan sebuah hukuman tertentu, tidak sekedar dilarang. Syaikh
Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin mengatakan:
الكبائر
هي ما رتب عليه
عقوبة خاصة بمعنى أنها
ليست مقتصرة على مجرد
النهي أو التحريم، بل
لا بد من عقوبة
خاصة مثل أن يقال
من فعل هذا فليس
بمؤمن، أو فليس منا،
أو ما أشبه ذلك،
هذه هي الكبائر، والصغائر
هي المحرمات التي ليس عليها
عقوبة
“Dosa besar adalah yang Allah ancam
dengan suatu hukuman khusus. Maksudnya perbuatan tersebut tidak sekedar
dilarang atau diharamkan, namun diancam dengan suatu hukuman khusus. Semisal
disebutkan dalam dalil ‘barangsiapa yang melakukan ini maka ia bukan mukmin’,
atau ‘bukan bagian dari kami’, atau semisal dengan itu. Ini adalah dosa besar.
Dan dosa kecil adalah dosa yang tidak diancam dengan suatu hukuman khusus”
(Fatawa Nurun ‘alad Darbi libni Al-‘Utsaimin, 2/24, Asy-Syamilah).
4. Dosa yang dinafikan pelakunya dari keimanan atau dari
umat Nabi
Dosa besar adalah dosa yang pelakunya dikatakan tidak
beriman atau dianggap bukan bagian dari umat Rasulullah Shallallahu’alaihi
Wasallam. Syaikh Abdurrahman bin Hasan mengatakan:
وضابطها
– يعني : الكبيرة – ما قاله المحققون
من العلماء: كل ذنب ختمه
الله بنار، أو لعنة،
أو غضب، أو عذاب.
زاد شيخ الإسلام – يعني:
ابن تيمية -: أو نفي الإيمان.
قلت: ومن برئ منه
رسول الله صلى الله
عليه وسلم ، أو
قال: ليس منا من
فعل كذا أو كذا
“Kaidah dosa besar, sebagaimana yang
disebutkan oleh para ulama muhaqqiqin, adalah setiap dosa yang Allah gandengkan
dengan laknat, atau kemurkaan atau adzab. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
menambahkan: juga yang terdapat penafian keimanan. Menurutku juga, termasuk
dosa yang Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berlepas diri darinya, atau
Nabi mengatakan: bukan golongan kami yang melakukan ini dan itu” (Fathul Majid,
418).
5. Dosa yang terdapat hukuman hadd-nya
Dosa besar adalah semua dosa yang terdapat hukuman hadd-nya
di dunia. Ibnu Shalah rahimahullah mengatakan:
لَهَا أَمَارَات مِنْهَا إِيجَاب الْحَدّ
, وَمِنْهَا الْإِيعَاد عَلَيْهَا بِالْعَذَابِ بِالنَّارِ وَنَحْوهَا فِي الْكِتَاب أَوْ
السُّنَّة , وَمِنْهَا وَصْف صَاحِبهَا بِالْفِسْقِ
, وَمِنْهَا اللَّعْن
“Dosa besar ada beberapa
indikasinya, di antaranya diwajibkan hukuman hadd kepadanya, juga diancam
dengan azab neraka atau semisalnya, di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Demikian
juga, pelakunya disifati dengan kefasikan dan laknat ” (Tafsir Ibnu Katsir,
2/285).
Syaikh Muhammad bin Ibrahim juga menjelaskan:
ما توعد عليه بغضب،
أو لعنة، أو رتب
عليه عقاب في الدنيا،
أو عذاب في الآخرة
“Dosa besar adalah dosa yang diancam
dengan kemurkaan Allah, atau laknat, atau digandengkan dengan suatu hukuman di
dunia, atau dengan suatu adzab di akhirat” (Fatawa war Rasail, 2/54).
Konsekuensi Dosa Besar
Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
ما منِ امرئٍ مسلمٍ
تحضرهُ صلاةٌ مكتوبةٌ . فيُحسنُ
وضوءَها وخشوعَها وركوعَها . إلا كانتْ كفارةً
لما قبلها منَ الذنوبِ
. ما لمْ يؤتِ كبيرةً
. وذلكَ الدهرَ كلَّهُ
“Tidaklah seorang Muslim menghadiri
shalat wajib (di masjid), ia membaguskan wudhunya dan membaguskan khusyuk serta
rukuknya, kecuali itu semua menjadi kafarah (penghapus) dosa-dosanya yang telah
berlalu, selama ia tidak mengerjakan dosa besar. Dan itu berlaku sepanjang
masa” (HR. Muslim no. 228).
Al Imam An-Nawawi menjelaskan hadits ini:
مَعْنَاهُ
أَنَّ الذُّنُوبَ كُلَّهَا تُغْفَرُ إِلَّا الْكَبَائِرَ فَإِنَّهَا
لَا تُغْفَرُ … قَالَ الْقَاضِي عِيَاضٌ
هَذَا الْمَذْكُورُ فِي الْحَدِيثِ مِنْ
غُفْرَانِ الذُّنُوبِ مَا لَمْ تُؤْتَ
كَبِيرَةٌ هُوَ مَذْهَبُ أَهْلِ
السُّنَّةِ وَأَنَّ الْكَبَائِرَ إِنَّمَا
تُكَفِّرُهَا التَّوْبَةُ أَوْ رَحْمَةُ اللَّهِ
تَعَالَى وَفَضْلُهُ
“Maknanya bahwa semua dosa akan
diampuni (karena amalan tersebut) kecuali dosa besar. Adapun dosa besar tidak
diampuni (dengan sebatas amalan tersebut) … Al-Qadhi Iyadh mengatakan bahwa
yang disebutkan dalam hadits, yaitu keyakinan bahwa dosa-dosa akan diampuni
selama bukan dosa besar, ini adalah keyakinan Ahlussunnah. Dan dosa besar itu
hanya dapat dihapuskan dengan taubat atau dengan rahmat dari Allah Ta’ala dan
keutamaan dari Allah” (Syarah Shahih Muslim lin Nawawi, 3/112).
Juga Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
الصَّلاةُ
الخمسُ والجمعةُ إلى الجمعةِ كفَّارةٌ
لما بينَهنَّ ما لم تُغشَ
الْكبائرُ
“Shalat lima waktu dan shalat Jum’at
ke shalat Jum’at selanjutnya, menghapuskan dosa-dosa di antara keduanya, selama
tidak melakukan dosa besar” (HR. Muslim no. 233).
Dan hadits-hadits yang menyebutkan penghapusan dosa karena
amalan shalih semisal ini banyak.
Maka dosa kecil itu akan pupus dan akan hilang dengan
sendirinya jika seseorang melakukan amalan-amalan shalih. Namun tidak demikian
pada dosa besar. Dosa besar hanya bisa hilang jika pelakukan bertaubat nasuha.
Demikian paparan ringkas ini, semoga bermanfaat. Wabillahi
at taufiq was sadaad.
Sumber Muslim.or.id
0 komentar:
Posting Komentar